Satpol PP Buol Tertibkan Penjual Ikan di Pinggir Jalan

Satpol PP Buol Tertibkan Penjual Ikan di Pinggir Jalan

BUOL- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan penjual ikan yang berada di luar kawasan pasar Sentral Kabupaten Buol. Penertiban terpaksa dilakukan petugas karena para penjual ikan sudah menggunakan bahu jalan. Ada tiga titik tempat yakni, kilometer empat, Bumi Nipa dan Eks pasar lama.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Keamana Ketertiban Umum (Tibun) Sat Pol PP Heris N Kadir mengatakan, penertiban pedagang berdasarkan penegakan peraturan daerah (Perda) Sabtu (17/10/2020)

“Di dalam perda itu, termasuk di atur di dalamnya yang berjualan tidak di perbolehkan di bahu jalan, maupun trotoar, dan hal-hal yang dapat menggangu ketertiban umum,” ujarnya.

Selain dilarang berjualan di bahu jalan atau trotoar, penertiban juga menghindari kemacetan yang dapat mengganggu pengguna jalan.

“Trotoar itu diperuntukkan bagi pejalan kaki, bukan untuk jualan. Hal seperti ini juga dapat mengakibatkan kemacetan karena pembeli terpaksa mermarkir sembarangan di pinggir jalan,” tegas Heris

Pihaknya menghimbau para pedagang dapat membantu pemerintah untuk bersama-sama menjaga keindahan kota.

“Saya harap pedagang tidak sembarangan buka jualan di area-area yang dilarang. Ada tempat pasar sudah dialokasikan untuk buka jualan disana,” jelasnya

Lebih jauh jelas Kabid, pemerintah sudah siapkan didalam pasar, Bahkan masih banyak kosong, cuma penjual itu sendiri yang lebih memilih menjual diluar dengan alasan tidak ada pembeli didalam pasar.

"Itu cuma alasan saja pedagang dan baralasan tempatnya jorok. Padahal pedagang itu takut ikannya busuk sehingga dia keluar menjual supaya ikannya laris karena diluar banyak pembeli," pungkasnya. (Basri Djulunau)