Zainal Daud, Sosok Politisi Yang Merakyat

Zainal Daud, Sosok Politisi Yang Merakyat

Politik bukan ruang ingkar janji. Yang paling utama dan penting bagi politisi merakyat yaitu peduli pada kepentingan rakyat, ketika berkuasa mampu mengambil kebijakan yang pro rakyat. 

Drs. H Zainal Daud yang akrab disapa Ka Inal, Politisi yang siap menghibahkan waktu dan pengetahuannya untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Berdiri diatas kepentingan semua komponen masyarakat, kemudian berada didepan mewujudkan keluhan masyarakat.

Baginya untuk apa politisi berpenampilan merakyat, sederhana, masuk selokan, peluk anak-anak yang dibawah garis kemiskinan kalau itu semua hanya kepentingan pencitraan. Lalu setelahnya, ia menjadi kawan kapitalis dan cukong atau anak buahnya konglomerat yang hanya menjarah hak-hak rakyat. Barang kebutuhan bahan pokok mahal, lapangan pekerjaan tidak dibuka sebanyak-banyaknya.

Prinsip Zainal bahwa, politik itu melekat dalam kehidupan manusia. Artinya, politik menentukan perkembangan dan peradaban suatu bangsa. Dengan begitu, politik atau politisi merupakan profesi mulia karena lingkupnya bukan sebatas merebut atau meraih kekuasaan, tetapi menggunakan kekuasaan yang diraih untuk kepentingan rakyat dan negeri.

Sosok Politisi ini dikenal mudah beradaptasi dengan lingkungan di mana pun dirinya berada, memang kerap bersosialisasi dengan masyarakat kecil atau kaum marginal, mulai dari petani, nelayan, tukang ojek, pekerja ekonomi kreatif, hingga buruh. Kemampuan beradaptasi itulah yang menjadi salah satu pedomannya.

Selain dikenal sebagai pribadi yang supel, dirinya juga memegang prinsip, satu orang musuh terlalu banyak, 1.000 kawan terlalu sedikit. Kemampuannya berinteraksi dengan seluruh lapisan masyarakat otomatis membuat banyak pihak mengakui eksistensinya sebagai politisi yang mumpuni dan berpengaruh.

Menurutnya, pembangunan negeri harus dilaksanakan secara gotong-royong, dengan menjadikan kekuasaan sebagai alat perjuangan untuk menyejahterakan rakyat. Dengan begitu, pembangunan sumber daya manusia (SDM), serta sarana dan prasarana kehidupan, harus dilakukan secara merata, termasuk di daerah-daerah tertinggal.

Seiring dengan pengamatan dan pendekatan intelektualitas, memperlihatkan sosok Zainal Daud Politisi yang siap menghibahkan waktu dan pengetahuannya untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Secara prinsipiel, dirinya menekankan kalau hukum tertinggi dalam politik adalah menyejahterakan rakyat.

Bila ditelaah dengan seksama, maka perjalanan hidup seorang Sosok Zainal Daud dapat menjadi spirit, sumber referensi dan inspirasi bagi generasi muda dalam meraih sukses. Hal ini tidak berlebihan, karena sesungguhnya, merupakan hal yang lumrah dan menjadi hak bagi seseorang, ketika ia menentukan pilihan, kemudian merujuk dan menjadikan jejak-jejak hidup tokoh yang sukses di bidangnya. (Basri Djulunau)